Jenis – Jenis dari Conveyor

Pengen cerita sedikit tentang Jenis – Jenis dari Conveyor   waktu masih bekerja.

Ingat pengalaman waktu masih bekerja di PT Filamendo Tangerang, tidak banyak yang menggunakan Conveyor sebenarnya, tapi yang unik ada 3 jenis conveyor yang digunakan, yaitu :

Belt Conveyor di area Charging Lactam, lalu ada Pneumatic Conveying untuk kirim chips dari area Polymerization ke area Spinning, dan Chain Conveyor di area Recovery.

Karena bekerja di bagian Electrical Engineering yang bertanggung pada saat trouble shooting, beberapa kali bekerja di tempat – tempat conveying tersebut. Tidak hanya harus kerja di lapangan langsung, tapi kadang – kadang juga bekerja dari ruang kontrol, karena semua mesin di perusahaan tersebut sudah otomatis diatur oleh PLC, DCS dan Control panel.

Jenis - Jenis dari Conveyor

Semuanya bekerja dengan dibantu sensor  – sensor, seperti sensor waktu, sensor gerak, sensor temperature, sensor tekanan, sensor flow, dan lain – lain. Sehingga apabila ada penyimpangan maka mesin akan otomatis memberikan sinyal gangguan, baik dengan lampu indikator, lampu rotator, sampai alarm akan berbunyi. Apabila penyimpangan tersebut sudah jauh dari toleransi, maka sensor otomatis akan mematikan mesin.

 

Author: Zona Tangerang

Share This Post On
468 ad
Share This